Instal office 2007 di Linux (Ubuntu)

Selasa, 18 Desember 2012


Haha,,percaya atau tidak ternyata office 2007 bisa dibuka di sistem operasi Linux.
Awalnya memang tidak percaya kalau bisa menggunakan program yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar hobi dengan ms. Excel. Kalau saja Open Office yang berbasis linux bisa diinstal di Windows, kenapa Office tidak bisa. Setelah saya coba sendiri dan ternyata berhasil, Office 2007 bisa di instal juga di linux. Kali ini saya coba dengan menggunakan linux versi Ubuntu (Natty Narhwal).
Ya udah daripada repot, ini cara yang sudah saya coba yang akhirnya bisa saya pake juga.
1. Instal Wine
Untuk menginstal wine (Windows emulator) tinggal masuk ke terminal, terus ketik :
sudo apt-get install wine
Terus masukkan password kamu, tunggu sampai proses penginstallan selesai.
2. Pilih Application – Winetricks
Kalau sudah ada kemudian pilih install an app, terus pilih Ms. Office 2007, kemudian browse ke tempat CD office 2007.
Tetapi saya pakai cara yang paling cepet aja dech,,,setelah install wine..siapkan CD Office kemudian Klik Set up.exe dan ikuti proses penginstallan biasa seperti di windows sampai selesai. 
Dan setelah saya cek, eitss udah ada Ms. Word dan Excel 2007 dan bisa digunakan, tapi untuk menjalankan power point, harus ada setting lagi dikit aja koq.
Pilih program Wine : Application => Configure wine ==> pada bagian tab libraries, ketik “riched20″ pada kolom new override for library, kemudian klik add, dan ok. Setelah itu pada bagian existing override seperti gambar dibawah ini edit, pada bagian load order pilih native (windows).
Selesai selamat anda sudah bisa menggunakan office 2007 di Ubuntu anda.
Ini contoh tampilan Office yang saya coba install…

0 komentar:

Posting Komentar